6 Buah-buahan Yang Disebutkan Dalam Al-Qur'an Serta Khasiatnya Untuk Tubuh Manusia

6 Buah-buahan Yang Disebutkan Dalam Al-Qur'an Serta Khasiatnya Untuk Tubuh Manusia

6 Buah-buahan Yang Disebutkan Dalam Al-Qur'an Serta Khasiatnya Untuk Tubuh Manusia
3/05/2020
Buah-buahan dalam Al-Qur'an
6 Buah-buahan Yang Disebutkan Dalam Al-Qur'an Serta Khasiatnya Untuk Tubuh Manusia - Dari sekian banyaknya buah-buahan yang Allah ciptakan di muka bumi ini hanya ada beberapa buah yang Allah sebutkan dalam Al-Qur'an.

Kebanyakan dari kita belum tahu betul akan apa-apa saja buah yang disebutkan dalam Al-Qur'an serta apa-apa saja khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita.

Maka dari itu dalam artikel kali ini kami akan coba mengupas apa saja buahnya dan apa saja khasiatnya, berikut ini.

1. Buah Delima

Khasiat buah delima
Delima merupakan tanaman buah-buahan yang bisa tumbuh tinggi sekitar 5-8 meter. Pohon delima ini diperkirakan berasal dari negeri Iran, tapi telah lama dikembang biakkan di daerah Mediterania. Pohon ini juga banyak ditanamkan di Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Buah delima disebutkan dalam Al-Qur'an pada surah Al-Am'an  ayat 99 bersama dengan buah kurma, buah zaitun dan buah anggur. Buah ini memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Delima memiliki antioksidan punicalagin yang dapat mencegah penyakit jantung, alzheimer, kanker tipe 2 dan obesitas. Antioksidan yang terdapat didalamnya dapat mengurangi resiko kanker prostat, darah tinggi, disfungsi ereksi, kanker payudara, dan arthritis.

2. Buah Kurma

Khasiat buah kurma
Buah kurma adalah buah yang disebut dalam Al-Qur'an pada beberapa surah, seperti surah Maryam, Al-Baqarah, Al-Hasyr dan surah Qaaf yang kerapkali menyebutkan mengenai buah kurma.

Pohon kurma tumbuh dipadang gersang yang bersuhu panas dan banyak memiliki khasiat untuk kesehatan manusia pada buahnya tersebut.

Buah kurma mengandung serat dan antioksidan. Dimana flavonoid yang terkandung didalamnya dapat mengatasi resiko diabetes, alzheimer dan beberapa jenis kanker.

Buah kurma juga mengandung fruktosa dan glukosa yang memiliki kalori tinggi serta mudah dan cepat untuk dicerna. Kandungan gula yang terdapat pada buah kurma dapat menenangkan saraf yang gelisah dan mampu memberikan rasa aman dijiwa.

Selain itu kurma juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu-ibu yang sedang mengusui anak untuk meningkatkan kesehatan janin, mencegah rasa lemas dan memperbanyak air susu.

3. Buah Anggur

Khasiat buah anggur
Allah menyebutkan buah ini dalam Al-Qur'an sebanyak 14 kali, dan salah satunya termasuk surah Al-Mu'minun.

Buah anggur mengandung polifenol, flavonoid dan quersetin yang mampu mencegah penyakit jantung serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Buah anggur juga dapat menghilangkan rasa letih bagi orang-orang yang banyak melakukan kegiatan fisik dan mental. Bahan besi dan gula yang terdapat dalam buah yang satu ini juga dapat meningkatkan produksi darah dan menjadi obat bagi orang-orang yang menderita penyakit liver, ginjal dan pencernaan.

4. Buah Zaitun

Khasiat buah zaitun
Buah ini mungkin kita hanya biasa mendengarnya saja alias tidak mengetahuinya secara langsung.

Didalam Al-Qur'an, Allah menyebutkan nama buah ini sebanyak 7 kali. 2 kali zaitun disebutkan secara sendirian dan 5 kali lagi disebut secara bersamaan dengan beberapa buah lainnya, seperti buah tin, kurma, anggur.

Buah zaitun ini mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Buah zaitun yang matang adalah sumber vitamin E dan mengandung antioksidan. Kandungannya berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, minyak dari buah zaitun ini pun memiliki khasiat yang baik untuk digunakan dalam makanan. Apalagi bagi seorang wanita yang ingin memiliki kulit cantik nan indah, juga dapat menggunakan minyak dari buah zaitun ini.

5. Buah Tin

Khasiat buah tin
Buah tin disebutkan dalam Al-Qur'an hanya satu kali saja, yaitu pada surah At-Tiin. Beberapa ahli tafsir berpendapat bahwa tin yang terdapat dalam surah tersebut adalah buah tin, karena disebutkan dalam satu kalimat dengan buah zaitun. Dan ada juga yang berpendapat tin tersebut adalah Bukit Tin dan Bukit Zaitun tempat Nabi Isa a.s dan Nabi Ibrahim a.s menerima wahyu dari Allah SWT.

Terlepas dari kontroversi penafsirannya, buah tin adalah bahan makanan yang kaya gizi, rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak, sehingga baik untuk mereka yang sedang menjaga berat badan.

Buah tin mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi.

Buah tin ini sangat baik dikonsumsikan bagi orang yang menderita diabetes, karena dapat menyeimbangkan kandungan asam lemak dan vitamin E di dalam darah. Buah ini juga sangat bermanfaat dalam membantu pengobatan penyakit kulit seperti eczema, vitiligo, dan psoriasis.

6. Buah Pisang

Khasiat buah pisang
Pisang disebutkan dalam surah Al-Waqiah. Buah pisang dikenal sebagai buah yang memiliki sumber kalium yang cukup tinggi. Meskipun kandungan gulanya tinggi, namun gulanya mengandung serat larut pektin yang berguna untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan memperlancar pencernaan. Nah kandungan kalium dan magnesium di dalamnya dapat menjaga kesehatan jantung.

Pisang sangat mudah ditemui, sehingga kita dapat mengonsumsinya kapan pun. Pisang adalah buah yang kaya dengan vitamin B6, dan juga buah yang sangat bergizi, terdiri dari air (75%), protein (1,3%) dan lemak (0.6%). Setiap buah pisang mengandung karbohidrat dan potassium dalam jumlah yang mencukupi.

Buah pisang sangat membantu dalam penyembuhan banyak penyakit seperti kejang-kejang, menurunkan tekanan darah, penyakit demam dan juga gangguan sistem pencernaan, selain itu pisang efektif dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh alergi.

Penutup

Nah, itulah 6 macam buah-buahan yang Allah sebutkan dalam Al-Qur'an serta memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Semoga kita mendapatkan manfaat dari setiap buah-buahan yang kita makan. Amiiinn