10 Masjid Termegah Dan Besar Di Indonesia Yang Harus Anda Kunjungi

10 Masjid Termegah Dan Besar Di Indonesia Yang Harus Anda Kunjungi

10 Masjid Termegah Dan Besar Di Indonesia Yang Harus Anda Kunjungi
3/30/2020
10 masjid megah Indonesia

Zona Pirasi - Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Maka tak heran jika di Indonesia ada banyak Masjid yang merupakan tempat ibadah orang muslim.

Jika kita bermusafir mengelilingi seluruh Indonesia, maka tentunya kita akan selalu menjumpai tempat yang bernama Masjid, pada setiap daerah atau kawasan yang kita kunjungi.

Dan bukan hanya itu saja, kita juga akan menemukan Masjid-masjid yang memiliki arsitektur unik, cantik, indah dan terlihat mewah.

Namun, diantara banyaknya Masjid-masjid, hanya ada 10 Masjid yang termasuk dalam kategori Masjid terbesar dan megah di Indonesia.

Jika anda penasaran apa saja Masjid yang berukuran besar dan megah yang ada di negara kita Indonesia ini. Simak, berikut ulasannya!, Atau bisa juga dengan menonton video dibawah ini.


1. Masjid Baiturrahman Banda Aceh

Masjid Baiturrahman Banda Aceh
Sumber : kanalaceh.com
Masjid Baiturrahman yang terletak di kota Banda Aceh ini termasuk dalam salah satu Masjid yang fenomenal, karena tidak hancur atau roboh ketika dihantam oleh Tsunami pada tahun 2004 silam.

Masjid yang mulai dibangun di tahun 1973 pada masa Kesultanan Aceh ini ternyata pernah dibakar oleh tentara Belanda. Dan Hal inilah yang memicu kemarahan masyarakat Aceh.

Saat ini, Masjid Baiturrahman Banda Aceh sudah direnovasi, dan memiliki arsitektur layaknya Masjidil Haram di Mekkah.

2. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal Jakarta
Jika anda adalah yang berdomisili di Jakarta, maka tentunya anda sudah mengetahui bagaimana megah dan besarnya Masjid Istiqlal ini.

Sedangkan bagi anda yang belum pernah menyaksikan Masjid ini, maka sempatkanlah diri anda untuk singgah dan beribadah di Masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara ini.

Masjid yang diprakarsai oleh Ir. Soekarno (Presiden RI pertama) ini dapat menampung hingga 200rb jamaah. Dan memiliki kubah dengan ketinggian lebih dari 96 meter.

Masjid Istiqlal dibangun sejak 24 Agustus 1951 dengan arsitek yang bernama Frederich Silaban.

3. Masjid At-Tiin TMII

Masjid termegah Indonesia
Masjid yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur merupakan Masjid peninggalan  keluarga Soeharto (Presiden RI Ke-2). Dan mempunyai nama seperti buah tin.

Namun demikian, terdapat makna lain dalam nama Masjid ini, yaitu untuk mengenang Ibu Tien yang merupakan istri dari Soeharto.

Masjid yang memiliki luas mencapai sekitar 70rb meter persegi ini dibangun pada bulan April tahun 1997. Dan dibuka secara resmi pada tanggal 26 November 1999.

Masjid At-Tiin dapat menampung hingga lebih dari 10 ribu jamaah dengan rincian 9000 jamaah di dalam masjid dan 1850 jamaah di selasar dan plaza.

4. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda
Sumber: bujangmasjid.blogspot.co.id
Jika anda sedang berada di Samarinda, jangan lupa luangkan waktu anda sejenak untuk berkunjung ke Masjid yang berarsitektur fantastis ini.

Masjid Islamic Center ini berlokasi dipinggir sungai Mahakam dan telah menjadi Landmark Icon  kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Masjid ini memiliki 7 menara dengan ketinggian 99 meter. Dan kubah utama yang desainnya terinspirasi dari Masjid Haghia Sophia di Istanbul.

Masjid Islamic Center Samarinda mulai dibangun pada tanggal 5 Juli 2001 yang ditandai dengan penekanan tombol pemancangan tiang pertama oleh Megawati Soekarno Putri (Presiden RI ke-5). Dan diresmikan pada tanggal 16 juni 2008 oleh Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden RI ke-6).

5. Masjid Dian Al-Mahri Depok

Masjid kubah emas depok
Sumber: iNews.id
Masjid Dian Al-Mahri ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan nama Masjid Kubah Emas, karena memiliki 5 kubah yang berlapis emas 22 karat.

Selain itu, Masjid ini berdiri megah diatas tanah seluas 50 hektar. Dan juga memiliki desain arsitek yang cukup menarik dengan ciri khas Timur Tengah.

Masjid yang dapat menampung kapasitas jamaah hingga 20rb ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan rampung sekitar akhir tahun 2006. Mesjid ini diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan hari raya Idul Adha.

6. Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-akbar Surabaya
Sumber: Tribunnews.com
Masjid Al-Akbar juga dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya. Masjid ini berlokasi di Jl. Masjid Agung Tim, No.1, Pegesengan, Kec. Jembangan, Kota SBY, Jawa Timur.

Masjid Agung Surabaya memiliki 1 menara yang ketinggiannya mencapai 99 meter. Dari ketinggian tersebut pengunjung dan jamaah di Masjid ini dapat menikmati pemandangan kota yang saling bertetangga, yaitu; Sidoarjo dan Bangkalan.

Selain itu, Masjid ini juga memiliki 45 pintu masuk utama yang terbuat dari kayu jati halus, dan dihiasi dengan 4 kubah berwarna biru dan hijau yang sangat menenangkan.

7. Masjid Al-Irsyad Bandung

Masjid Al-Irsyad Bandung
Sumber: id.wikipedia.org
Jika hanya dilihat sekilas, masjid yang desainnya berbentuk kubus minimalis ini mungkin terlihat berbeda dengan Masjid-masjid biasa pada umumnya. Tetapi, jika diperhatikan dengan lebih teliti dan seksama, kita dapat melihat kalimat-kalimat bahasa Arab yang memuji kebesaran Allah yang tertanam di bagian dinding luarnya.

Masjid yang memiliki filosofi dan nilai seni ini mulai diresmikan pada tanggal 27 Agustus 2010. Dan memiliki luas lebih kurang 1871 meter persegi.

Masjid Al-Irsyad diprakarsai oleh seorang arsitek lokal yang juga walikota Bandung Ridwan Kamil. Desainnya pun juga teliti dan kaya akan simbol-simbol Islam di dalamnya, seperti 99 bola lampu untuk 99 nama Allah.

8. Masjid Tiban Malang

Masjid tiban malang
Sumber: ilovemalang.net
Jika anda berkunjung ke kota Malang, masjid ini adalah landmark yang tidak boleh untuk anda dilewatkan.

Menurut penuturan masyarakat setempat, masjid yang mempunyai 10 lantai ini adalah sebuah keajaiban, karena mereka tidak pernah memperhatikan pembangunannya sampai bangunan masjid ini berdiri tegak, tinggi dan indah. Hal tersebutlah yang membuat penduduk setempat percaya bahwa roh yang membangun masjid ini.

Bangunan masjid Tiban ini cukup besar dan sangat berornamen dengan pola mendetail di setiap sudut yang didominasi oleh nuansa biru dan putih serta memiliki banyak tempat yang menakjubkan, seperti kolam, teras, gazebo, dan lain-lain.

9. Masjid Agung Makassar

Masjid agung Makassar
Sumber: id.wikipedia.org
Masjid Agung Makassar termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia, karena masjid yang menjadi kebanggaan muslim di Makassar ini mulai dibangun pada tahun 1948 dan rampung pada tahun 1949.

Masjid tertua di Indonesia ini diprakarsai oleh arsitek bernama Muhammad Soebardjo yang merupakan pemenang dari sayembara desain yang diadakan oleh panitia pembangunan Masjid Raya pada masa itu.

Masjid Agung Makassar dapat menampung hingga 60rb jamaah. 10rb jamaah didalam masjid dan 50rb jamaah diluar masjid.

Selain itu, masjid ini ternyata menyimpan Al-Qur'an raksasa berukuran 1 meter x 1,5 meter, dan memiliki berat 584 kg.

10. Masjid Rahmatan Lil-'Alamin Indramayu

Masjid Indramayu
Sumber: kubahmasjid.com
Masjid Rahmatan Lil-'Alamin dibangun dikomplek pesantren Al-Zaytun Kabupaten Indramayu pada tanggal 5 April 2000 dengan luas yang mencapai 15 Hektare.

Masjid ini ibarat Taj Mahal di India. Bangunan masjid yang megah dan cantik dikelilingi pepohonan rindang dan jalan dua jalur yang luas dan memanjang, mengarah langsung ke muka masjid. 

Masjid Rahmatan Lil-'Alamin memiliki arsitektur yang cukup fantastis, dan dapat menampung hingga 100rb jamaah.

Penutup

Itulah 10 Masjid yang masuk dalam daftar 10 masjid terbesar dan megah di Indonesia. Bagaimana, Kira-kira Masjid megah mana yang akan anda datangi terlebih dahulu ?


Referensi:
id.wikipedia.org
idntimes.com
simas.kemenag.go.id