Jodoh Bukan Tentang Perkara Seberapa Cepat, Tapi Seberapa Tepat

Jodoh Bukan Tentang Perkara Seberapa Cepat, Tapi Seberapa Tepat

Jodoh Bukan Tentang Perkara Seberapa Cepat, Tapi Seberapa Tepat
2/21/2021
Jodoh, pernikahan
Zona Pirasi - Jodoh bukanlah tentang perkara seberapa cepat atau seberapa lambat, akan tetapi ia akan datang pada waktu yang tepat.

Sama halnya dengan maut dan rezeki, jodoh juga merupakan takdir dan misteri dari Allah SWT. Dan hanyalah Allah yang tahu waktu yang tepat untuk hamba-Nya bertemu dengan jodohnya.

Ada yang dipertemukan di usia muda. Dan ada juga yang Allah pertemukan di usia yang bisa dikatakan dewasa, tapi itu tidak bisa diartikan bahwa ia telat berjodoh, karena setiap manusia memiliki waktu yang tepat untuk bertemu dengan jodohnya masing-masing.

Perjodohan, cinta

Bahkan ada juga seseorang yang hingga meninggal belum Allah pertemukan ia dengan jodohnya. Tapi kembali lagi pada janji Allah, bahwa setiap segala sesuatu yang yang ada di dunia ini Allah jadikan berpasang-pasangan. Dan jikapun tidak bertemu di dunia, Insya Allah akan bertemu di akhirat.

Firman Allah SWT.
"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan. Supaya kamu mengingat kebesaran Allah."
(Q.S Adz-Dzariyat [51]:59)

Yakinilah, bahwa jodoh akan tiba saat waktunya tepat, saat semua sudah benar-benar siap. Mungkin kita sudah menargetkan untuk menikah di usia-usia tertentu, namun di usia itu Allah belum juga mempertemukan kita dengan jodoh kita. Maka bersabarlah, mungkin tanpa kita sadari, kita memang belum siap untuk menikah pada saat itu.


Bagaimanapun hanyalah Allah yang tahu kapan waktunya kita siap untuk mengemban amanah itu. Bisa jadi kita merasa sudah siap, namun hakikatnya kita belum siap. 

Manusia berpasang-pasangan

Menikah itu tidaklah semudah yang kita bayangkan, dan juga tidak serumit yang kita khawatirkan. Selagi dalam penantian, teruslah memperbaiki dan mempersiapkan diri. Karena setelah kita masuk dalam pernikahan akan ada banyak persoalan yang hanya bisa kita selesaikan dengan ilmu dan iman.


Serahkan saja semua kepada Allah, karena Dia lah yang akan menentukan kapan tulang rusuk kita kembali pada kita. Dan yakinlah, ia akan datang dengan membawa serta kebahagiaan yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya. Kebahagiaan yang hadir seiring dengan akad nikah terucap dan seruan "sah" bergema kumandang. Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam firman-Nya;

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia yang menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa cenderung dan merasa tentram kepada-Nya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."
(Q.S. Ar-Rum [30]:21)

Sebuah ayat yang memiliki makna paling dalam dan juga indah. Yang sering kita dapati dilembar-lembar undangan pernikahan. Ayat ini menjelaskan bahwa manusia diciptakan satu "paket". Dia menciptakan suami dan istri agar ada kecenderungan dan ketenteraman, juga rasa kasih dan sayang diantara keduanya.

Jodoh, pasanhan

Saat yang tepat dan yang terbaik itu akan segera datang. Maka bersiap-siaplah dalam penantian dengan terus berkembang dan terus memperbaiki diri dalam keta'atan. Dan yakinlah, cinta kita akan segera merekah dan bersemi pada jalan yang di ridhai oleh-Nya. 
Open Comments
Close comment

5 comments

  1. Keren mas tulisannya.
    Sangat menginspirasi dan membuat semangat menunggu jodoh jadi bertambah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak² mbak merah muda ....
      Moga-moga cepet ketemu sama jodohnya.

      Delete
  2. Sangat bermanfaat artikelnya, Serahkan saja semua kepadaNya kapan tulang rusukmu akan datang.
    Yang pasti terus memantaskan diri untuk jodoh terbaik dariNya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas partisipasinya.
      Semoga dalam keadaan sehat selalu.

      Delete